Sabtu, 12 Januari 2013

Bhagavatam Part 34 : Krishna Poorna Avatara

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini


Mendengar permohonan ini, Resi Shuka berkata, “Oh Maharaja, sesungguhnya permainan Krishna memang seperti yang Tuanku katakan: mengherankan, ajaib, menakjubkan, tetapi indah dan bermakna. Mukjizat itu tidak dicemari keinginan untuk memamerkan sifat ketuhanan. Kebanyakan orang tertarik oleh kemegahan lahiriah dan maksud-maksud yang tampak dari luar, maka orang semacam itu menilai permainan Krishna sebagai hal yang biasa, bahkan rendah. Makna dan tujuan spiritualnya tidak terlihat dengan mudah oleh semua orang. Meskipun demikian, Tuhan tidak akan pernah menyibukkan diri dalam kegiatan yang tidak berharga dan tidak bertujuan. Beliau datang untuk mengangkat dunia dari lumpur kejahatan dan ketidakadilan, untuk memenuhi kerinduan mereka yang berbakti kepada beliau, untuk menegakkan lagi kebenaran serta moralitas, dan untuk menghidupkan Weda. Beliau harus memperhitungkan jasa dan pahala yang diperoleh setiap orang dalam berbagai kehidupannya yang lampau, dan mencurahkan rahmat beliau sesuai dengan hal itu. Beliau membuat diri Beliau hadir (di dunia) melalui berbagai anugerah. Permainan atau kegiatan surgawi Beliau dibentuk sedemikian rupa sehingga sesuai dengan waktu, pribadi, aspirasi, dan belas kasihan yang menyebabkan pelimpahan rahmat tersebut. Karena itu, siapa yang dapat memahami dengan tepat dan menafsirkan permainan mukjizat ini dengan benar?"

"Permainan Hari (nama lain Sri Krishna, secara harfiah berarti "Ia yang menghapuskan dosa") yang menakjubkan hanya dimengerti oleh Hari sendiri, demikian dikatakan. Beliau hanya dapat ditafsirkan oleh Beliau sendiri, dan bukannya oleh orang lain. Meskipun demikian, berdasarkan pengamatan, ada satu hal yang dapat dinyatakan dengan tegas. Para Avatar Tuhan tidak akan pernah melakukan apa pun demi kepentingannya sendiri atau untuk memenuhi kesenangan pribadi! Segala kegiatan dilakukan demi kebaikan dunia! Walaupun tanpa para Avatar dunia tidak mungkin ada dan bertahan hidup, mereka bergerak dan bertindak seakan-akan tidak mempunyai hubungan apa pun dengan dunia. Kita dapat mengamati bahwa setiap perkataan dan perbuatan mereka dilandasi oleh ketidakterikatan belaka. Apa yang dapat diberikan atau ditahan oleh dunia bagi mereka yang menggenggam berbagai loka di tangan-Nya? Mereka dapat membentuknya menurut kehendak mereka."


"Orang-orang pandir orang yang tidak percaya, orang yang mengingkari Tuhan, orang yang terperangkap dalam jerat kekaburan batin, orang yang tidak mempelajari apa pun, mereka mungkin melihat permainan mukjizat Tuhan sebagai mementingkan diri sendiri dan bahkan didorong oleh maya seperti perbuatan orang biasa. Walaupun demikian, para bakta sejati akan menghargai mukjizat Tuhan sebagai contoh karunia yang bermakna dan menguatkan keyakinan. Bagaimana Tuhan Yang Maha besar dapat dipahami oleh mereka yang asyik dalam keduniawian?"

"Oh Maharaja! Tuanku harus ingat bahwa perilaku Raama, Maharaja Kosala, dan perilaku Krishna sangat berbeda. Ketika para musuh kebajikan yang jahat dan kejam akan membinasakan orang-orang yang baik, lahirlah Krishna dan Balaraama dua bersaudara; yang satu berkulit gelap dan lainnya putih (seperti warna rambut, keduanya hitam dan putih). Mereka membuat dunia heran dengan berbagai tindakannya yang melampaui pengertian manusia."
"Permainan Krishna tidak dapat dipahami oleh siapa pun, walaupun sangat cerdas atau bijak. Gerakan Beliau, cara berjalan, percakapan, senyum, tawa, sikap, cara bicara, nyanyian Beliau, semuanya menawan hati dengan keindahan artistik yang unik."

"Semua itu tampak sangat istimewa, sangat luar biasa. Seringkali bahkan seperti tidak mengenal hukum dan sekadar kenakalan belaka. Ketika sedan berjalan ke arah Timur, perhatian Beliau terpusat ke arah Barat! Beliau berbicara dengan pandangan mata; sorot mata Beliau menyatakan rencana dan niat Beliau. Beliau tidak mengindahkan pembatasan dan disiplin buatan manusia. Beliau tidak mengenal perbedaan antara teman baru dan lama; keduanya Belai perlakukan sama. Beliau tidak memperhatikan pertalian keluarga atau mengikuti tuntutan adat kebiasaan."
"Ke mana pun Beliau pergi, Beliau selalu melakukan beberapa ulah yang nakal. Seperti badai yang menyapu daratan, rumah yang Beliau kunjungi Beliau tinggalkan dengan serangkaian kehebohan, pertengkaran, tangis, dan air mata!"
"Tidak perlu Krishna diundang secara resmi ke rumah mana pun; Beliau akan datang tanpa diundang, tanpa pemberitahuan. Setiap rumah adalah milik Beliau; Krishna akan masuk dan makanan yang Beliau inginkan akan Beliau ambil, di mana pun disembunyikan, dan Beliau makan sepuas hati."
"Krishna merupakan kerabat yang paling disayang setiap orang, sahabat yang paling karib, maka Beliau bebas mengambil apa saja dari rumah yang mana saja. Meskipun demikian, Beliau tidak puas dengan itu. Beliau mengambil jauh lebih banyak dari yang Beliau perlukan, karena Beliau juga memberikannya dalam jumlah besar kepada kawan-kawan Beliau, dan jumlah mereka banyak sekali! Pemilik (makanan) mungkin menangisi kehilangannya dan mencela pencurian itu, tetapi Beliau tidak peduli; Beliau membagikan makanan itu seakan-akan milik Beliau sendiri! Tidak ada yang dapat menghalangi permainan Beliau, tidak ada yang dapat menentang perkataan Beliau. Jika ada yang berani menentang atau mengancam, penderitaan yang akan ditimpakan kepadanya tidak terlukiskan!"

"Meskipun begitu, kebenaran harus diungkapkan. Perbuatan Krishna yang paling remeh pun sarat dengan kemanisan yang tiada taranya. Bahkan penderitaan yang ditimpakan kepada mereka yang akan Beliau hukum pun manis. Karena itu, tiada orang yang merasa marah sedikit pun kepada Beliau. Sebaliknya, mereka rindu ingin lebih sering bertemu dengan Beliau, ingin bermain lebih lama dengan Beliau, dan ingin berbicara serta tinggal bersama Beliau selama mungkin. Apa pun senda gurau dan olok-olok Krishna, korbannya tidak pernah merasa jengkel kepada Beliau."
"Sebabnya yaitu kasih, kasih yang selalu mendasari dan menjiwai segala perkataan dan perbuatan Beliau. Gadis-gadis penggembala sapi berlari mengejar Krishna sambil membawa tongkat untuk memukul Beliau, tetapi ketika mereka sampai ke dekat Beliau dan memandang Beliau, hati mereka dipenuhi kasih, dan mereka meninggalkan Beliau sambil berdoa. Apa pun yang Beliau lakukan, tampak sebagai permainan Tuhan (liila).

"Oh, cara bicara Beliau! Demikian menyenangkan dan cerdik, umumnya dimaksudkan untuk memperdayakan! Di depan kawan-kawan Beliau, Krishna memasukkan pasir ke dalam mulut Beliau sendiri, tetapi ketika ditegur ibu Beliau, Krishna menyangkal hal itu dan menjulurkan lidah untuk membuktikannya! Beliau membuat pernyataan yang benar menjadi keliru dan pernyataan yang keliru menjadi benar!"
"Tiap hari Krishna pergi ke Vrishabhendrapura, desa tempat tinggal Raadhaa. Banyak yang melihat Beliau di jalan ketika sedang pergi dan pulang. Meskipun demikian, ketika ditegur dan dimarahi ibu Beliau, "Mengapa tiap hari engkau pergi begitu jauh? Apa engkau tidak punya teman bermain di sini, di desa ini?" Beliau menjawab, "Nanda sama sekali tidak tahu jalan itu! " Beliau menimbulkan kekacauan dalam setiap rumah, menyebabkan pertikaian antara ibu mertua dan menantu perempuan, mengadu domba mereka, dan menikmati kejenakaannya. Beliau jarang diam di satu tempat. Dari pagi ketika bangun dari pembaringan hingga saat Beliau tidur, bocah nakal ini berkeluyuran dari rumah ke rumah tanpa henti."
"Meskipun demikian, penduduk desa tidak dapat menanggung ketidakhadiran Beliau sejenak pun. Kapan saja, jika Beliau tidak muncul, para gadis penjual susu menanti-nanti kunjungan Beliau. Mereka mengintip ke jalan, atau naik ke teras untuk melihat di kejauhan. Sedemikianlah daya tarik kasih suci yang dipancarkan Krishna kepada mereka dan kasih orang-orang kepada Beliau. Senda gurau Beliau demikian mengharukan, menimbulkan inspirasi, dan penuh makna."

"Bocah biru ini ahli berdalih dan berdiplomasi. Beliau dapat mengetahui setiap tipu muslihat, betapapun cerdik penyamarannya. Ketika raksasi Puutanaa mendekati Krishna sebagai ibu yang hendak menyusui Beliau, Krishna berpura-pura terpedaya oleh siasat itu, kemudian Beliau isap keluar nyawanya hingga iblis itu terkapar di tanah. Banyak asura 'iblis' datang mendekati Krishna untuk membinasakan Beliau. Beberapa di antaranya menyamar dengan mengambil wujud para penggembala sapi dan gadis-gadis penjual susu yang sudah dikenal di desa itu, tetapi Krishna tahu siapa mereka sebenarnya dan Beliau kirim mereka ke alam baka. Ada satu iblis yang mengambil wujud anak sapi dan menyelinap di antara kawanan induk dan anak sapi yang digembalakan Krishna, menunggu kesempatan untuk menghabisi Beliau! Meskipun demikian, bocah luar biasa berusia tiga tahun ini mengetahui muslihat tersebut. Ekor anak sapi jadi-jadian itu Beliau tangkap, diangkat, diputar sekali, kemudian Beliau banting hingga nyawanya melayang."

"Kekuatan dan ketangkasan semacam itu sama sekali tidak sesuai untuk wujud anak sekecil itu. Meskipun demikian, Krishna memperlihatkan sifat ketuhanan Beliau dengan berjuta cara untuk membuat orang-orang bertobat, untuk mengubah tabiat (buruk) mereka, dan meyakinkan mereka. Beliau mengajar setiap orang, entah mereka sesepuh, wanita, penipu, atau sanak kerabat dan sahabat Beliau sendiri. Mereka dinasehati agar menempuh hidup yang baik. Beberapa di antara mereka Beliau libatkan dalam keadaan yang sulit. Kamsa, paman Beliau dari pihak ibu, mabuk kekuasaan dan perbuatannya biadab. Krishna menjambak rambutnya, menariknya turun dari singgasana, meninjunya sampai mati, dan menyeret tubuhnya di sepanjang jalan raya sampai ke tepi Sungai Yamunaa. Dalam segala tindakan Beliau, seluruh penduduk kota Mathuraa melihat campuran menakjubkan dari hal-hal yang mengagumkan, mengherankan, manis, mempesona, memikat, indah, dan sederhana."

"Ketika masih bayi, Beliau mengakhiri hidup para iblis: Puutanaa, Thrnaavarta, dan Shakataasura. Pada waktu itu Beliau adalah pencuri cilik yang mencari mentega di setiap rumah! Ketika ibu Beliau mengikatkan Beliau pada lesung kayu, Beliau seret lesung itu, dan dengan benda itu Beliau tumbangkan dua pohon raksasa yang tumbuh berdampingan. Beliau kekang kesombongan dan amukan naga Kaaliya yang meracuni air Sungai Yamunaa dan mendatangkan malapetaka bagi manusia dan ternak."
"Ketika ibu Beliau berusaha mengikat pinggang Beliau dengan tali, Krishna memperlihatkan wujud universal Beliau; dalam wujud itu seluruh alam semesta tampak hanya sebagai bagian dari diri Beliau."

"Orang tua Beliau dan seluruh penduduk Gokula takjub tercengang-cengan mengalami keajaiban sifat ketuhanan Beliau. Dengan menguap Beliau memperlihatkan jagat besar dan jagat kecil, keduanya (di dalam mulut Beliau)!"
"Kepada kawan-kawan penggembala sapi yang Beliau sayangi, Krishna memperlihatkan surga Beliau yang tidak mengenal kesedihan atau kehilangan (Vaikuntha)."
"Beliau bujuk dan yakinkan Nanda agar menghentikan puja yang biasa mereka lakukan bagi Indra dan sebagai gantinya agar mempersembahkan puja untuk Bukit Govardhana. Ketika Indra, Dewa Hujan, sakit hati karena diabaikan, dan mencurahkan hujan yang dahsyat di desa itu, Krishna mengangkat Bukit Govardhana di atas jari kelingking Beliau dan memanggil seluruh penduduk desa agar berteduh di bawahnya!"
"Dengan senda gurau jenaka dan alunan seruling yang merdu, Krishna membuat para penggembala pria dan wanita sangat bahagia dan terangkat secara spiritual. Jika hl ini ditafsirkan sebagai perbuatan yang rendah dan sensual, itu merupakan tanda kebodohan."
"Ketika Krishna mencari bersama gadis-gadis dalam terang bulan dan setiap gadis didampingi oleh Krishna yang benar-benar nyata, orang-orang yang berpandangan rendah menafsirkannya sebagai kelemahan moral dan rekreasi yang tidak senonoh. Kesimpulan semacam itu sama sekali tidak beralasan. Ketika peristiwa mukjizat itu terjadi, Krishna baru berusia lima atau enam tahun; jadi bagaimana kejadian itu dikecam sebagai nafsu kama? Tuhan tidak mempunyai sifat atau kualitas (sattva, rajas, dan tamas). Peristiwa yang disebut raasa kriidaa itu hanyalah cara untuk memberikan contoh bakti dan hasil bakti, yaitu pengabdian, kepada para gopii, 'gadis penjual susu di Brindaavan' yang layak memperoleh karunia. Tuhan melimpahi mereka dengan rahmat yang mereka peroleh karena perbuatan mereka yang berpahala. Itu merupakan anugerah, berkah."

"Bila pengejawantahan Tuhan yang bersifat adikodrati itu hanya dianggap sebagai manusia biasa, maka mungkin Beliau dianggap bersifat suka mencuri dan tidak senonoh, tetapi pertimbangkan, manusia mana yang dapat melakukan sekelumit saja perbuatan Beliau? Krishna telah menyelamatkan dunia dari gangguan para monster jahat seperti Pralamba, Dhenuka, Keshi, Banasura, Arishtaa, Mushtika, Kuvalayaapiida, Kamsa, Naraka, Paundraka, Dwivida, Jaraasandha, Dantavaktra, Shambara, Kaamboja, Kuru, Matsya, Kaikaya, dan banyak toko (jahat) lainnya yang kuat dan berkuasa. Mampukah manusia biasa melakukan hal ini?"
"Dalam Avatar yang unik ini, setiap perbuatan merupakan mukjizat menakjubkan. Bahkan pada waktu marah pun Beliau hanya dapat memperlihatkan kasih Beliau yang berlimpah. Dalam kasih, belas kasihan Beliau mengalir tanpa rintangan. Dengan darshan 'melihat', sparshana 'menyentuh', dan sambhaashana 'mendengarkan Beliau' seseorang dapat memperoleh kebebasan (dari lingkaran kelahiran dan kematian). Beliau menganugerahkan keabadian kepada mereka yang mengingat nama Beliau. Para penggembala sapi mengenyam nektar kebahagiaan yang mendalam bila mereka menyaksikan atau mengenang perbuatan Beliau yang hidup dan giat di antara mereka."

Resi Shuka memejamkan mata lagi, Beliau masuk dalam samaadhi 'tingkat meditasi yang mendalam' menghayati kemanisan inkarnasi Krishna dan senyum yang indah tersungging di bibirnya. Pariikshith heran melihat gelombang sukacita yang melanda resi agung itu bilamana beliau merenungkan karir keavataraan Sri Krishna. Ia pun sudah tidak sabar karena ingin sekali mendengarkan berbagai kejadian dan kegiatan Avatar yang menawan hati ini.
Ketika Resi Shuka melanjutkan penuturannya, Pariikshith pun tidak menyadari sekelilingnya lagi. Ia sangat tercengang sehingga tidak dapat percaya bahwa beberapa peristiwa (yang dikisahkan Resi Shuka) itu benar-benar pernah terjadi. Ini membuatnya sangat sedih dan menderita memikirkan ketidaktetapan (pikirannya) sendiri. Maka ia mengemukakan masalahnya kepada sang resi dan memperoleh ketenteraman batin lagi setelah mendengarkan penjelasan dan uraian beliau. Sementara hal itu berlangsung, pada suatu saat Pariiskhith sangat meragukan bakti para gopii. Ia berdebat (dengan dirinya sendiri) di dalam hati dan dengan pengertian serta keyakinannya berusaha mencari kepastian-kepastian untuk memperbaiki (atau melenyapkan) keraguannya, namun keraguan itu tidak lenyap. Ia juga tidak berani menanyakannya kepada Resi Shuka karena khawatir hal ini dianggap terlalu kekanak-kanakan. Karena itu, ia menderita batin dan berusaha menutup penderitaan itu. Hal ini diketahui Resi Shuka, maka sambil tersenyum beliau bertanya kepada raja, "Kelihatan sekali bahwa ada gagasan gila yang mengusutkan pikiran Tuanku. Dalam krisis ini tidak baiklah bila Tuanku menderita tekanan emosi. Jika ada keraguan yang memenuhi diri Tuan, atau bila kehausan untuk mengetahui sesuatu membuat Tuan resah, jangan segan-segan menanyakannya kepada saya, saya akan menuntaskan keraguan itu, saya akan memuaskan dahaga itu, dan memastikan sukacita serta kepuasan batin." Ketika sang resi membesarkan hatinya seperti itu, Raja berkata, "Resi Yang Agung! Maharesi mengetahui masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang. Maharesi memiliki kewaskitaan dan kemampuan untuk melenyapkan keraguan yang mengganggu saya. Karena itu, mohon Guru jangan salah paham; tolong dengarkan saya dan tuntaskan keraguan itu. Sembuhkan kesedihan yang saya derita sebagai akibatnya. Pulihkan kedamaian batin yang saya miliki sebelum munculnya keraguan itu." Raja bersujud di kaki sang resi dan melanjutkan, "Maharesi, saya sudah banyak mendengar tentang permainan dan senda gurau Krishna, tentang raasakriidaa 'tarian rasa' antara Krishna dengan para gadis penggembala sapi di Brindaavan. Hal itu tampak seperti rekreasi sensual yang dilakukan orang biasa. Bila peristiwa semacam itu memang benar pernah terjadi, bagaimana hal itu dapat ditafsirkan sebagai bersifat ketuhanan? Tidakkah hal itu dikecam oleh dunia? Saya takut kejadian di Bridaavan, di tepi sungai Yamunaa, tempat permainan sensual yang tidak senonoh itu berlangsung, mencemarkan sifat suci Sri Krishna. Dikatakan bahwa kebebasan akhir atau moksa hanya dapat dicapai oleh mereka yang telah melampaui guna 'sifat sattva, rajas, dan tamas'. Para gopii ini semuanya memiliki kualitas (sattva, rajas dan tamas) dan berbagai keinginan yang timbul sebagai akibat sifat-sifat tersebut umumnya bersifat sensual dan objektif. Bila dikatakan bahwa para gopii pun mencapai moksa, hal ini menimbulkan rasa heran; sesungguhnya bahkan tampak menggelikan! Meskipun demikian, jika kegiatan tidak bermoral ini mengandung makna batiniah yang membuatnya diterima sebagai perbuatan terpuji, mohon jelaskan kepada saya."

Mendengar permohonan Pariikshit ini Resi Shuka tertawa terbahak-bahak. Kata beliau, "Oh Maharaja! Jangan mengira bahwa Tuanku menderita keraguan; jauh lebih buruk dari itu! Karena mereka yang telah menyadari Krishna sebagai penjelmaan Tuhan, tidak akan memiliki keraguan semacam itu! Masa ini merupakan periode akhir Dwaapara Yuga; zaman Kali segera dimulai. Semangat Kalilah, semangat yang menjiwai zaman kejahatan, telah merasuki diri Tuanku; itulah yang telah mendorong Tuanku menaruh gagasan semacam itu dalam pikiran Tuan. Kalau tidak, Tuan mempunyai keyakinan yang tidak tergoyahkan bahwa Krishna adalah (Avatar) Tuhan Yang Mahakuasa dan Maha tinggi. Setiap kejadian dalam karir Beliau bersinar dalam hati Tuan dengan kecemerlangan yang suci. Pada saat mengenang nama Beliau, Tuan dilanda sukacita dan pikiran Tuan luluh dalam Beliau. Karena itu, keraguan ini seharusnya tidak dapat timbul dalam diri orang semacam Tuanku! Tuan mencemari kepribadian Tuan dengannya. Lagi pula, pertimbangan, orang macam apakah saya ini. Tuan tahu, dalam hati saya tiada tempat untuk kegiatan yang timbul dari guna atau dorongan yang timbul dari kualitas tersebut. Pikirkan saja bagaimana orang seperti saya dipenuhi sukacita yang tidak terhingga bila merenungkan permainan mukjizat Sri Krishna dengan para gopii! Perhatikan, betapa saya memuji kemujuran para gopii yang memperoleh persahabatan Beliau yang demikian berharga. Mungkinkah kejadian itu hanya permainan sensual belaka? Ataukah benar-benar sukacita murni yang timbul dari kebahagiaan suci; kemabukan kepada Tuhan? Pikirkan sejenak. Bagi pandangan yang tidak terlatih, kegembiraan sensual dan kebahagiaan yang suci dalam penampilan lahiriahnya mungkin tampak sama. Meskipun demikian, bila indra telah dilampaui, bila yang bersifat individual dan universal telah menunggal dalam satu pikiran dan kesadaran, bila semua kesadaran badan telah ditiadakan, ditafsirkannya hal ini sebagai kegiatan yang objektif dan bersifat sensual sebenarnya merupakan kebodohan belaka."
"Sebilah pisau di tangan pembunuh sangat berbahaya; pisau di tangan ahli bedah menolong memberikan kebebasan dari rasa sakit, walaupun dalam kedua kasus itu ada tangan yang memegang pisau. Demikian pula perbuatan mereka yang kesadaran dirinya terpusat pada badan jasmani patut dicela; sedangkan perbuatan mereka yang kesadaran dirinya terpusat pada atma atau kenyataan batin sangatlah bermanfaat dan patut dipuji."
"Selanjutnya tentang misteri Avatar Krishna! Pengejawantahan kemanisan itu sangat menawan! Daya pesona yang halus dan hebat sekali, kemanisan yang tiada bandingnya, kasih yang tiada taranya; Krishna merupakan perwujudan semua ini! Wujud itu merupakan perbendaharaan kebahagiaan; merupakan samudra kebajikan."
"Oh, alangkah lugunya! Alangkah sempurna dan bersifat adikodrati! Sekadar melihat Beliau sudah cukup; mendengarkan perkataan Beliau sudah cukup; sekadar menyentuh Beliau sudah cukup; hidup seseorang akan mencapai tujuannya! Segala ritual, segala pengurbanan, segala upacara yang berkaitan dengan kitab suci, hanya mempunyai tujuan ini, penglihatan ini, sentuhan ini. Hasil yang diperoleh dari upacara dan sebagainya, tidaklah berarti bila dibandingkan dengan manfaat yang didapat dari melihat, menyentuh, dan mendengarkan suara Beliau. Tidak. Hal itu sama sekali tidak berarti. Ah! Beliau manis luar biasa! "Ketika merenungkan wujud Sri Krishna, mengenang pesona dan keelokan Beliau, Resi Shuka mengucurkan air mata sukacita. Beliau demikan penuh kebahagiaan batin sehingga menghentikan penuturannya dan tidal lagi menyadari dirinya atau pun para pendengarnya.
Para pertapa di sekeliling beliau dan raja sendiri merasa sangat takjub menyaksikan pemandangan yang langka ketika Resi Shuka masuk dalam keadaan samaadhi. Mereka duduk mematung, takut mengganggu sang resi, dan tenggelam dalam rasa heran, kagum, dan riang.
Setelah beberapa waktu, Resi Shuka membuka matanya dan berseru, "Alangkah mujurnya para gopa dan gopii 'pria dan wanita penggembala sapi di Bridaavana' yang hidup pada masa itu! Pastilah tubuh mereka bercahaya dengan sukacita suci yang mereka alami ketika mereka hidup dalam kehadiran Beliau, bermain dengan Beliau, berbicara dengan Beliau, bernyanyi bersama Beliau, dan berbagi kebahagiaan tertinggi dengan Beliau! Para dewata merasa iri atas kemujuran mereka karena kesempatan itu tidak dapat mereka peroleh. Orang-orang sederhana yang tidak terpelajar itu dapat memperoleh kemujuran tersebut karena pahala yang mereka peroleh dalam banyak kehidupan sebelumnya. Para gopa dan gopii itu bukanlah pria dan wanita biasa. Bukan. Dilihat sepintas lalu mereka tampak seperti orang desa yang sederhana dan tidak terpelajar, itu saja. Sebenarnya di dalam diri mereka terdapat harta kebijaksanaan tidak terhingga yang diperoleh langsung dari Tuhan, dan hanya sedikit sekali yang dapat menghargai serta memahaminya. Jika tidak, bagaimana mereka dapat memperoleh kebahagiaan sentuhan Tuhan yang tidak bisa didapat dengan mudah walaupun oleh Rukmini dan Satyabhaamaa! Para gopa dan gopii dapat dianggap lebih beruntung daripada para ratu tersebut. Nasib baik mereka merupakan hasil dari berbagai perbuatan baik yang mereka lakukan bukanlah dalam satu kehidupan, melainkan tidak kehidupan sebelumnya."

"Oh Raja, Bhaagavata bukanlah sekedar cerita tentang Avatara Tuhan dengan latar belakang Mathura, Brindaavan, Gokula, tepian sungai Yamunaa, Nanda-Yashodaa, Vasudeva-Devakii, dan lain-lain. Bhaagavata mencakup kisah semua penjelmaan Tuhan, Semua Avatar merupakan perwujudan Gopaala, Krishna yang sama, dari Goloka atau Vaikuntha. Kisah setiap Avatar itu tidak lain adalah kisah Vaasudeva 'putra Vasudeva', timbul dari Beliau dan menunggal dalam Beliau. kekuatan Tuhanlah faktor utama yang menopang kemunculan semua awatar dan berbagai jenis mahluk hidup.

Tidak ada komentar: