Kamis, 10 Januari 2013

Bhagavatam Part 33 : Rama Avatara

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini


Resi Shuka melanjutkan kisahnya, Pertama-tama akan saya lukiskan sifat saumya Sri Raama. Yang saya maksud dengan saumya yaitu sifat Beliau yang lemah lembut, halus, dan sabar. Beliau mengenakan pakaian berwarna hijau daun dan pergelangan tangan Beliau dilingkari kain kuning. Beliau mengenakan diadem emas, tetapi berjalan dengan mata memandang ke bawah seakan-akan Beliau malu menatap. Pemandangan ini mengharukan hati semua yang melihatnya. Tidak seorang pun mendapati Beliau menatap orang lain. Beliau selalu menggunakan pandangan batin, bukan pandangan lahir. Bila ada seseorang mempersembahkan sesuatu kepada Raama, tidak Beliau terima semuanya. Biasanya persembahan itu hanya dicuil atau diambil sedikit untuk menyenangkan mereka, atau hanya disentuh kemudian diberikan kembali kepada orang yang membawanya.”
“Kepada ayah dan ibu mertua Beliau, Raama bersikap bukannya sebagai menantu laki-laki, melainkan seperti putra sendiri. Beliau jarang membuka mulut untuk berbicara kepada saudari-saudari iparnya atau dayang mereka. Beliau tidak pernah mengangkat wajah dan memandang mereka.”
“Semua wanita yang lebih tua dari Beliau, Beliau hormati sebagai ibu Beliau, Kausalyaa. Semua wanita yang lebih muda, Beliau anggap sebagai adik, dan yang berusia sama, Beliau perlakukan sebagai ibu tiri.”
“Raama berpegang sangat teguh pada kebenaran. Beliau beranggapan, jika ayah Beliau tidak menepati janji, dinasti mereka akan mendapat aib besar maka untuk menjunjung janji ayah Beliau dan menjaga nama baik sang ayah, Beliau mengasingkan diri ke hutan selama 14 tahun. Ayah Sri Raama tidak menyuruh Beliau melakukan hal itu, tetapi Raama mengetahuinya dari Kaikeyii, ibu tiri Beliau. Raama tidak pernah membantah atau menjawab; Beliau melepaskan kerajaan dan langsung pergi ke hutan. Raama bertindak tepat sesuai dengan perkataan yang Beliau ucapkan, dan perbuatan Beliau, Beliau selaraskan sehingga tepat sama dengan ucapan.”

“Hati Raama penuh belas kasihan. Siapa saja yang menyerahkan diri dan berlindung kepada Beliau, Beliau beri perlindungan. Ketika bala tentara kera dan raksasa sedang bertempur mati-matian dalam peperangan melawan Raavana yang jahat di Langka, beberapa raksasa mengubah diri menjadi kera dan menyelinap ke garis belakang. Mereka segera ditangkap oleh kkera pengawal dan dibawa ke hadapan Raama agar dihukum seberat-beratnya,tetapi Beliau menghentikan para vaanara 'bala tentara kera' yang menyiksa raksasa itu. Raama memberitahu para vaanara bahwa mereka telah datang untuk berlindung kepada Beliau, dan Raama menyatakan bahwa Beliau telah bersumpah akan mengampuni semua yang menyerahkan diri kepada Beliau, apa pun kesalahannya. Demikian pula Beliau telah memberikan perlindungan kepada Vibhiishana, adik Raavana, dan memperlakukannya seperti Lakshmana, adik Beliau sendiri. 'Sekali saja ia mengatakan, saya milik Paduka, maka ia adalah milik-Ku selamanya,' demikian dinyatakan oleh Raama.”
“Raama mengamalkan darma dan mengajarkan darma dengan teladan setiap perbuatan Beliau. Beliau menegakkan darma dengan pelaksanaan dan ajaran. Beliau memelihara dan melindungi orang-orang yang baik. Beliau melenyapkan penderitaan orang-orang yang saleh; Beliau tarik mereka ke dekat Beliau, dan hidup mereka terpenuhi dengan rahmat Beliau. Raama tidak membedakan yang tinggi dan yang rendah. Beliau menguasai semua kitab Shaastra dan mengetahui makna semua Weda.”
“Dengan berbagai kegiatan dan teladannya, Raama mengubah dunia menjadi kerajaan darma. Dalam ashwamedha yajna agung yang Beliau selenggarakan, semua orang bijak dan ahli upacara yang berkumpul menghormati Beliau sebagai penegak dan pembela tradisi serta kebudayaan.”
“Belas kasihan dan kelembutan hati Sri Raama tidak terlukiskan; tiada perkataan yang dapat mengungkapkan keluasan dan kedalaman welas asih Beliau. Jataayu, burung rajawali yang sekarat, seekor burung yang biasanya tiada seorang pun mau menghormatinya, Beliau pangku. Tubuh Jataayu yang penuh debu Beliau bersihkan dengan rambut Beliau yang terurai. Ketika Rajawali itu menghembuskan napas terakhir, Beliau melangsungkan upacara perabuan seperti yang dilakukan seorang putra bila ayahnya meninggal!”
“Penampilan Raama mempesona dan menawan hati semua yang melihat Beliau. Kasih, keelokan, dan kebajikan memancar dari Raama dan menyebar ke sekeliling Beliau. Para vaanara Beliau perlakukan dengan kasih sayang yang sama seperti adik-adik Beliau: Bharata, Lakshmana, dan Shatrughna.”
“Raama merupakan pengejawantahan darma yang sempurna. Kaum bijak menyanjung Beliau dan mengatakan bahwa darma telah mengambil wujud Beliau. Tidak perlu menguraikan panjang lebar dan membicarakan ribuan detail. Raama merupakan ideal bagi semua orang yang berumah tangga. Beliau datang untuk memulihkan nilai-nilai spiritual dan menyelamatkan dunia dari bencana moral.
Betapa sayangnya Raama kepada adik-adik Beliau! Segala sesuatu sudah siap untuk penobatan Beliau, tetapi pada saat terakhir, ketika Beliau dikucilkan dan harus pergi ke hutan, penduduk Ayodhyaa meratap dan menangis meraung-raung dalam kesedihan yang tidak tertahan, tetapi Raama meninggalkan kota serta kerajaan dengan keriangan dan ketenangan yang sama seperti ketika Beliau menuju takhta untuk penobatan! Adakah teladan lebih hebat yang diperlukan untuk contoh sthitaprajna 'orang yang kesadarannya tenang dan tidak terusik oleh apa pun', selain dari (sikap Beliau) ini?”
“Beliau merasa bahwa janji yang telah diucapkan harus dipenuhi sekali pun harus mengorbankan nyawa. Beliau menanggung penderitaan yang mengerikan dengan ketenangan sempurna demi memenuhi janji yang telah diucapkan sang ayah. Kegigihan Raama yang tulus untuk melaksanakan janji yang dibuat ayah Beliau, merupakan inspirasi dan teladan bagi setiap putra manusia.”
“Siitaa pun bersikeras mendampingi suaminya pergi ke hutan karena seorang istri sejati hanya dapat hidup bersama suaminya. Sebelumnya, Siitaa tidak pernah kehujanan atau kepanasan, tetapi ia melewatkan hari-harinya dalam hutan yang mengerikan sebagai kewajiban, dengan sukacita yang tulus.”
“Ia yang lahir bersama Anda, lebih patut dikasihi dari pada istri yang menyertai Anda belakangan,” itulah pandangan Lakshmana ketika ia menyertai Raama, abangnya, dan meninggalkan Uurmila, istrinya, di Ayodhyaa.”
“Bharata tidak dapat berbuat lain selain mematuhi kehendak Raama. Dengan berat hati ia kembali ke ibu kota karena Raama tidak mau datang dan menobatkan dirinya sendiri. Kemudian Bharata membuat hutan tiruan bagi dirinya sendiri. Dengan kata lain, ia menempuh hidup sebagai pertapa atas kemauannya sendiri, karena merasa bahwa ia harus hidup seperti abangnya yang berada dalam pengasingan.”
“Pertimbangkan perbedaan antara Dasharatha, sang ayah, dengan Raama, putranya; mereka bagikan bumi dan langit! Untuk menyenangkan istrinya untuk membuat wanita itu bahagia dan puas, sang ayah bersedia menanggung penderitaan yang tidak terhingga; akhirnya ia bahkan mengirim putra kesayangannya ke hutan sebagai orang buangan! Sang putra mengasingkan istrinya ke hutan untuk menghormati pendapat rakyat jelata dalam kerajaan Beliau! Pikirkanlah perbedaan kedua orang itu dalam cara mereka melaksanakan tugasnya kepada rakyat warga kerajaannya. Dasharatha diliputi khayal dan mengira bahwa ia adalah badan jasmani. Raama dijiwai oleh kesadaran bahwa ia adalah atma.”
“Ah, kebajikan dan keunggulan Raama, saya tidak mampu menguraikannya kepada Tuanku, oh Maharaja! Adakah tugas dan misi yang lebih luhur dalam kehidupan manusia selain merenungkan pribadi yang maha agung itu? Untuk menyelamatkan diri dari kebinasaan, satu-satunya yang diperlukan hanyalah mendengarkan kisah mulia kehidupan para Avatar. Bila Tuanku melakukan hal itu, semua dosa akan terhapus,” kata Resi Shuka
Mendengar ini, Pariiskshit amat senang; wajahnya memerah karena sangat gembira. Katanya, “Resi Yang Agung! Sementara cerita Maharesi mengenai kehidupan, kegiatan, kebajikan, dan pesona Raama, perwujudan darma, membuat saya sangat bahagia, saya bertanya-tanya dalam hati, betapa lebih bahagianya saya bila Maharesi menceritakan kisah hidup Sri Krishna! Beliau adalah perwujudan kerupawanan yang berwarna biru. Cerita tentang senda gurau Krishna semasa kanak-kanak, petualangan Beliau sebagai bocah, permainan ketuhanan Beliau, celoteh suci Beliau, pasti indah sekali! Saya mohon agar saya dapat terus menerus memikirkan dan merenungkan kekuasaan, keagungan, kebesaran, pesona, serta kerupawanan Krishna selama hari-hari yang merupakan sisa masa hidup saya. Saya harap dengan demikian saya dapat diselamatkan dari lingkaran kelahiran dan kematian.”



Tidak ada komentar: