Jumat, 07 November 2014

Vayu Purana, Lingga Purana dan Shiva Purana

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini
Beberapa Tokoh penting dalam khasanah Hinduisme dalam Vayu Purana dan Shiva Purana

Shiva Purana
  • Karttikeya
Salah satu putra Siva dan Parvati adalah Skanda dan Karttikeya. Pada saat msih bayi, Skanda dirawat oleh 6 orang putri yaitu adalah para Krittika. Maka Skanda kemudian dinamakan Karttikeya. (selain itu Siva dan Parvati juga memiliki seorang putra bernama Ganesa).
  • Parasurama
Ada seorang raja yang bernama Gadhi putrinya bernama Satyavati, yang dinikahkannya dengan Rcika. Rcika kemudian melekukan sebuah yajna yang spektakuler. Ia mendapatkan sepuding nasi (yang bisa memberikan anak pada mereka yang memekannya) lalu menyerahkannya pada istrinya. Kami adalah kaum Brahmana. Setelah mengatakan hal ini Rcika kemudian pergi kehutan untuk meditasi. Namun sepeninggal Rcika ibu dan anak itu telah menukar bagian mereka masing-masing dan dalam meditasinya, Rcika mengetahui bahwa Satyavati akan melahirkan seorang anak Brahman yang berjiwa Ksatriya. Sedangkan Gadhi memilki seorang putra yang bernama Visvamitra. Anak ini lahir sebagai Kastriya. Karena namun perubahan punding nasi itu, Visvamitra juga menjadi seperti Brahmana.
  • Vaivasvata Manu
Diceritakan bahwa putra rsi Kasyapa adalah rsi Vivasmana atau Surya. Surya menikah dengan putri dari Visvakarma yang bernama Samjna. Vivasvata dan Samjna memiliki tiga orang anak, Vaisvata, Yama, Yamuna. Akan tetapi, Samjna tidak bisa menahan panasnya sinar Surya. Suaminya. Kemudian ia membuat Chaya, seorang wanita yang menyerupai dirinya. Samjana dan Chaya hampir tidak bisa dibedakan satu sama lainnya, karena saking miripnya. Sementara itu, Surya dan Chaya telah memiliki seorang putra bernama Sarvani. Maka jelaslah Chaya lah yang melahirkan Sarvani.
VAYU PURANA

  • Keturunan Rsi Bhrgu
Dikisahkan bahwa rsi Bhrgu menikah dengan Khyati,  putri dari Daksa. Bhrgu dan Khyati memiliki dua orang putra yang bernama Dhata dan Vidhatr. Kedua putra mereka ini adalah dua dewa. (Vidhatr juga merupakan salah satu gelar Brahma). Putri dari Bhrgu dan Khyati adalah Laksmi, yang merupakan dewi kekayaan dan kesejahteraan. (semenjak itulah ada sebuah dongeng yang tidak disebutkan dalam Vayu Purana bahwa dewi Laksmi dikutuk oleh rsi Durvasa bahwa ia akan tenggelam dalam samudra. Dan beliau akan muncul kembali kepermukaan jika lautan diaduk (samudra manthana) ) Laksmi kemudian menikah dengan  dewa Visnu. Keturunan dari rsi Bhrgu inilah yang kemudian dikenal sebagai para Bhargava. Dan salah satu Bhargava yang agung itu adalah  rsi Markandeya.
  • Anak-Anak Kasyapa Yang Lainnya
Diceritakan danu memiliki putra-putra yang dikenal dengan gelar sebagai para Danava (hantu).Muni melahirkan para Gandharva (menjadi penyanyi kahyangan) dan Apsara (penari surga).Vinata memiliki dua orang putra yang dinamakan Aruna dan Garuda saudara perempuan mereka kemudian menjadi ibu dari para burung. Kadru melahirkan para ular naga. Yang utama diantara mereka adalah Sesa, Vasuki dan Taksaka. Khasa melahirkan dua orang putra dan keduanya memiliki penampakan yang buruk. Mereka adalah para Yaksa (makhluk setengah dewa yang menjadi pelayan dari dewa Kubera) yang merupakan kakaknya dan golongan raksasa (makhluk jahat) yang menjadi adiknya.Putra-putra Surasa adalah para raksasa jenis lain. Ira menjadi ibu dari segala jenis pepohonan dan ramuan. Krodhavasa melahirkan para hantu (Pisaca). Keturunan Tamra adalah binatang-binatang buas.
  • YAYATI
Dalam garis keturunan Candra, ada seorang raja yang bernama Nahusa. Ia memiliki enam putra dan yang termuda adalah bernama Yayati. Setelah Nahusa, Yayati menjadi raja.
Yayati memiliki dua orang istri. Yayati menikah dengan Dewayani yang merupakan putri dari Sukracarya yang adalah penasehat dari para Asura. Dan istri keduanya adalah Sarmistha yang adalah putri dari raja Para danava yaitu Vrsaparva. Dewayani melahirkan Yadu dan Thurvasu sedangkan Sarmistha melahirkan Druhya, Anu, dan Puru.
Keturunan para Yadu dikenal sebagai para Yadava. Dalam garis keturunan inilah lahir Krsna. Dalam keturunan ini juga lahir Arjuna.

LINGA PURANA
  • Parvati
Sati terlahir kembali sebagai Parvati, putri dari Mena atau Manaka dan Himalaya. Dia memilik dua orang saudara yaitu Ekaparna dan Ekapatala. Meskipun ia adalah saudara paling tua, Parvati dikenal sebagai aparna. Ketika Parvati, berumur dua belas tahun, ia mulai melaksanakan tapasya yang sangat berat agar mendapatkan Siva sebagai suaminya.Ada seorang raksasa yang sangat kejam yang bernama Tarak kasura. Ia putra dari raksasa Tara. Tara memutuskan untuk mengalahkan para dewa. Visnu dan tara berperang selama ribuan tahun, tetapi Visnu kalah. Tara dengan mudah mengangkat dan melemparkan Visnu. Akhirnya Visnu berdoa pada Brahma dan mendapatkan kekuatan untuk membunuh Tara.
Sementara itu Parvati melakukan tapasya agar dapat menikah dengan Siva. Setelah menikah mereka memiliki dua orang putra. Yang pertama bernama Ganapati, dan yang kedua bernama Skanda atau Karttikeya.

Tidak ada komentar: