Minggu, 09 November 2014

Narada Purana dan Bhagavata Purana

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini
BHAGAVATA PURANA

  • NARADA DAN SANATKUMARA
Brahma memiliki empat orang putra yang bernama Sanaka, Sanandana, Sanatkumara dan Sanatana. Ke empat putra beliau menjadi rsi yang memua Visnu. Mereka selalu mengejar pengetahuan tentang kebenaran yang sejati.
Brahma memiliki sebuah kota indah yang terletak di puncak gunung Semeru. Keempat bersaudara ini pergi mengunjungi kota ini. Disamping kota ini mengalirlah sebuah aliran sungai gangga yang bernama Sita. Dan keempat bersaudara itu melakukan permandian suci di sana, yang di mana ketika itu datanglah rsi narada.
Sanatkuara dan saudara-saudaranya memberi hormat kepada narada yang memberi isyarat bahwa ia menerima penghormatan mereka.
  • VAHU
Dalam dinasti Surya (Surya Vamsa) ada seorang raja yang bernama Prka.
Prka memiliki seorang anak yang bernama Vahu kemudian diangkat menjadi raja setelah kematian ayahnya. Vahu adalah seorang raja yang baik yang mengikuti semua aturan dharma ia memerintah bumi dengan baik.

   NARADA PURANA
  • YAJNAMALI DAN SUMALI
Diceritakan ada seorang Brahmana bernama Devamali memiliki dua orang putra yang bernama Yajnamali dan Sumali. Yajnamali adalah yang tertua.
Kedua bersaudara ini memiliki karakter yang berbeda-beda. Yajnamali adalah orang yang baik . ia selalu bergaul dengan orang-orang suci, menyumbangkan sedekah dan membuat sumur. Dalam kegiatannya itu ia juga kehabisan kekayaannya. Maka Yajnamali kemudian pergi ke kuil Visnu dan menghabiskan waktunya untuk memuja Visnu. Sedangkan Sumali selalu menghabiskan kekayaannya hanya untuk hura-hura dan perbuatan amoral. Ketika uangnya telah habis ia mlai beralih menjadi seorang pencuri dan perampok.

Tidak ada komentar: