Rabu, 05 November 2014

Padma Purana dan Vishnu Purana

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini
Beberapa kisah menarik dalam Padma Purana dan Vishnu Purana
  • Suvrata
Bertahun-tahun yang lalu, seorang raja bernama Rtadhvaja memerintah di kerajaan Visida. Putra Rtadhvaja adalah Vali dan putra dari Vali bernama Rukmangala.
Rukmangala memiliki seorang istri bernama Sandhyavali dan Sandhyavali melahirkan anak bernama Dharmangada. Anak ini adalah pemuja Visnu yang taat hingga setelah kematian ia langsung dijemput menuju alam Visnuloka. Ia berada di surga selama seribu yuga dan setelah itu ia pun terlahir menjadi Suvrata.
  • Bala
Seperti yang telah kita ketahui bahwa Aditi telah menikah dengan rsi Kasyapa dan putra-putra Aditi adalah para Aditya. Namun rsi Kasyapa juga memilik istri yang lain yaitu Diti dan berputrakan para Daitya atau raksasa. Para raksasa bertarung melawan para dewa yang dimenangkan oleh para dewa. Jadi dalam hal ini, Visnu bertanggung jawab atas kematian-kematian anak Diti. Diti kemudian menemui Kasyapa dan mengeluh “anak-anakku telah di bunuh oleh para dewa” .” katanya. “ mohon berikanlah aku anugrah seorang anak yang kuat sakti yang bisa menjadi tumpuan harapan ku.” Kasyapa setuju. Dan Diti kemudian melakukan meditasi selama seratus tahun dan melahirkan seorang anak yang bernama Bala (kekuatan).
  • Putri-Putri Para Gandharva
Gandharva adalah penghuni surga yang tugasnya menyanyi. Ada 5 orang Gandharva yang masing-masing memiliki seorang putri. Putri dari Gandharva Sukasangiti adalah Pramohini, Susila mempunyai putri bernama Susila, putri svaravedi adalah Susvara, putri Candrakanta adalah Sutara dan putri dari Suprabha adalah Candrika.

VISNU PURANA

  • Dhruva Bharata
Dari tubuh Brahman terciptalah Manu. Semua manusia adalah keturunan putra-putri  Manu. Oleh karena itulah keturunan mereka disebut Manava. Manu memiliki 2 orang putra yang jujur dan pemberani bernama Priyavrata dan Uttanapada. Uttanapada memiliki 2 orang istri bernama Suruchi dan Suniti. Putra dari Suruchi bernama Uttama dan putra dari Suniti adalah Dhruva.
Priyavrata menikah dengan putri dari Kardama dan memiliki 10 orang putra. Mereka adalah Agnidhra, Agnivahu, Vapusmana, Dyutimana, Medha, Medhatithi, Bhavya, Savana, Putra, dan Jyotismana. Priyavrata memberi wilayah bumi  kepada 7 putranya. Agnidhra mendapat Jambudvipa, Vapusmana mendapat Salmalidvipa, Dyutimana mendapat Krauncadvipa, Mehatithi mendapat Plaksadvipa, Bhavya mendapat Sakadvipa, Savana mendapat Puskara dvipa, dan Jyotismana mendapat Kusadvipa. Raja Agnidhra yang mendapat wilayah Jambudvipa memiliki 9 orang putra yaitu : Nabhi, Kimpurusa, Ilavrita, Ramya, Sastha, Hiranvana, Hari, Kuru, dan Bhadrasva. Nabhi memimpin wilayah Bharatavamsa di Jambudvipa. Nabhi memiliki seorang putra yang bernama Rsabha. Rsabha memiliki 100 orang putra dimana putra sulungnya bernama Bharata.
  • Kisah Prahlada
Dalam Visnu Purana diceritakan kisah Prahlada. Awalnya Kasyapa dan Diti memiliki dua orang putra yang pemberani yaitu Hiranyakasipu. Putra-putra dari Hiranyakasipu adalah Anuhlada, Hlada, Prahlada dan Sanhlada. Hiranyakasipu mendapatkan sebuah anugrah dari Brahma. Atas kekuatan anugrah ini ia berhasil menakhlukkan ketiga dunia. Ia mengusir Indra dari surga dan ia sendiri mengambil gelar Indra. Ia juga mengambil gelar Savita, Vayu, Agni, Varuna, Soma, Kubera , dan Yama.
Putranya Prahlada diutus untuk belajar pada seorang guru. Pada suatu kesempatan dalam liburnya, Prahlada pulang bersama gurunya, dan Hiranyakasipu sebagai seorang ayah langsung menanyai apa saja yang telah dipelajari oleh anaknya. “Saya telah belajar memuja Visnu” kata Prahlada. Hiranyakasipu amat marah “Mengapa kau ajarkan omong kosong itu padanya?” tanyanya pada sang guru. “Hamba tidak pernah mengajarkan hal itu, bukan itu yang hamba ajarkan padanya. Ia mengatakan hal itu atas kemauannya sendiri.” “Sayang, siapa yang mengajarkan omong kosong itu padamu?” tanya Hiranyakasipu. “Yang mengajari hamba adalah guru dari para guru yaitu Narayana (Visnu). Beliau adalah penguasa hati hamba.” “Penguasa hatimu. Bagaimana mungkin kau bisa memiliki penguasa yang lain selain diriku?” “Ia tidak hanya penguasa hati hamba, tapi juga penguasa hati ayahanda. Beliau adalah penguasa hati setiap orang dan setiap makhluk.” Jawab Prahlada.
Setelah mendengar pernyataan-pernyataan dari Praladha yang mengagungkan dewa Visnu membuat Hiranyakasipu menjadi amat marah, dan berniat untuk membunuh Prahladha. Namun atas berkat Visnu yang dipuja oleh Prahladha, segala cara dan segala senjata tak satu pun dapat membunuh Prahladha. Hingga suatu hari Hiranyakasipu memanggil Daitya Sambarasura yaitu Asura yang mahir dalam menggunakan maya atau teknik menggunakan ilusi dan halusinasi untuk mengahncurkan Prahladha. Namun Praladha terus memikirkan Visnu sambil mengucapkan Mahamantra Sudarsana Cakra, maka datanglah  membuat Hiranyakasipu menjadi sangat murka.
Untuk mengatasi hal ini akhimya Visnu menjadi sebuah makhluk setengah manusia setengah singa, lalu membunuh Hiranyakasipu. Dan Narada menjadi raja para Daitya dan memerintah dengan bijaksana ia memiliki banyak putra dan cucu. Salah satu putra Prahladha adalah Virochana yaitu ayah dari Vali.
  • Beberapa Dynasti
Ada banyak orang-orang terkenal dalam garis keturunan Manu. Yang peratama adalah Brahma. Dari jari tangan Brahma lahirlah Daksa Prajapati. Putri Daksa bernama Aditi. Putra Aditi adalah Surya dan putra Surya adalah Manu. Manu memiliki seorang anak dari hasil upacara yajna Ila, namun Manu menginginkan anak laki-laki maka untuk beberapa waktu Ila menjadi seorang laki-laki yang bernama Sudyumna.
Putra Candra adalah Buddha. Suatu hari Sudyumna mengembara disekitar asrama Buddha , sebagai seorang wanita. Mereka bertemu kemudian menikah dan memiliki seorang putra bernama Pururava. Setelah Pururava lahir, Sudyumna menjadi laki-laki, ia memiliki 3 orang tua yaitu Utkaya, Gaya dan Dinata.
Lebih kebawah lagi, garis keturunan keluarga ini ada seorang raja yang bernama Saryati. Saryati memiliki seorang putri bernama Sukarya. Sukarya dinikahkan dengan dengan seorang rsi bernama Cyavana. Saryati juga memiliki seorang putra yang bernama Anarta dan Anarta memiliki seorang putra bernama Revata. Kemudian Kakudmi memiliki 100 orang putra yang tertua bernama Kakudmi dan putri Kakudmi bernama Revati. Revati kemudian menikah dengan Baladeva.
  • Iksvaku, Yuvanasva, dan Soubhari
Suatu kali Manu kebetulan bersin. Dan sebagai hasil dari bersin itulah seorang putra yang dikenal bernama Iksvakuyang berarti anak yang keluar dari hidung. Putra isvaku adalah Vikuksi. Vikuksi memiliki seorang putra yang pemberani bernama Paranjaya yang disebut juga dengan nama Kakutsa. Diantara keturunan Kakutsa ada seorang raja yang bernama Yuvanasva. Yuvanasa memiliki seorang putra yang bernama Mandhata. Mandhata memiliki 50 orang putri yang dinikahkan dengan rsi Soubhari.
  • Candra
Putra Brahma adalah Atri dan Atri memiliki putra bernama Candra. Suatu ketika Candra menculik Tara yang merupakan istri dari Brhaspati, yaitu guru dari para dewa. Dalam penculikannya, Tara mengandung anak dari Candra yang kemudian diberi nama Buddha. Buddha menikah dengan Ila dan memiliki anak bernama Pururava. Pururava menikah dengan Urvasi dan memiliki 6 orang putra, putra yang tertua adalah Ayu. Dalam garis keturunan Pururava lahirlah Janhu.
  • Raji
Ayu, putra Pururava memiliki lima anak. Mereka adalah Nahusa, Ksatravrdddha, Ramba, Raji dan Anenah. Raji memiliki 500 putra yang kesemuanya adalah pemberani.
  • Nahusa dan Yayati
Nahusa memiliki 6 putra. Mereka adalah Yati, Yayati, Samyati, Ayati, Viyati dan Kriti. Yayati menjadi raja setelah Nahusa. Yayati memiliki 2 orang permaisuri. Yang pertama adalah putri Sukracarya yaitu Devayani dan memiliki putra bernama Yadu dan Turvasu, dan yang kedua adalah putri dari Vrsaparva yaitu Sarmitha yang berputrakan Druhya, Anu, dan Puru. Dalam garis keturunan Yadu lahirlah Arjuna.
  • Sisupala
Dalam sebuah inkarnasi terdahulu Sisupala sebenarnya Hiranyakasipu. Selanjutnya ia lahir sebagai Sisupala, putra dari Damaghosa, raja Cedi. Ibunya adalah Sruta Srava yang adalah adik dari Vasudeva, ayahnya Krsna. Sebagaimana Hiranyakasipu dibunuh oleh Visnu, Sisupala juga dibunuh oleh Krsna. Sisupala juga selanjutnya berenkarnasi sebagai Rahvana yang kemudian dibunuh oleh Rama.
  • Santanu Dan Devapi
Dalam garis keturunan  Kuru, ada seorang raja yang bernama Pratipa. Pratipa memiliki 3 orang putra yaitu Devapi, Santanu dan Vahlika. Santanu menikah dengan Ganga dan memiliki seorang putra yang bernama Bhisma. Santanu menikah dengan Satyavati dan memiliki 2 orang putra yaituVicitra Virya dan Citrangada. Dhrtarastra dan Pandu adalah keturunan dari Vicitra Virya. Pandu kemudian mempunyai keturunan yang dikenal dengan 5 pandava yang menikah dengan Draupadi dan memiliki 5 orang putra yaitu Prativindhya, Sutasoma, Srutakirti, Sauthavika, dan Srutakarma. Pandava juga memiliki putra lain yaitu: Yudhisthira, menikah dengan Voudhyi dan memiliki seorang putra yang bernama Ghatotkaca. Ia juga menikah dengan Hasi dan memiliki seorang putra yang bernama Sarvatnaga. Nakula menikah dengan Karena Mati dan memiliki seorang putra bernama Niramita. Sahadeva menikah dengan Vijaya dan memiliki seorang putra bernama Suhotra. Arjuna memiliki banyak istri, dari Ullupi ia memiliki seorang putra bernama Iravan, dari Citrangada ia berputra Babhruvahana dan dari Subadra ia memiliki seorang putra yang bernama Abimanyu.
  • Rukmini Rukmi
Ada seorang raja bernama Bhismaka yang memerintah di kerajaan Kundina. Sang raja memiliki seorang putra bernama Rukmi dan seorang putri bernama Rukmini. Krsna dan Rukmini dan ingin menikah. namun Rukmi tidak menyetujuinya dan akan menikahkan Rukmini dengan Sisupala. Kemudian Krsna menculik Rukmini dan akan membunuh Rukmi, namun Rukmini meminta agar Krsna tidak membunuh saudaranya. Krsna kemudian menikah dengan Rukmini dan memiliki seorang putra bernama Pradyumna. Selain Pradyumna, Krsna dan Rukmini juga memiliki delapan orang putra dan seorang putri dan selain Rukmini, Krsna juga memiliki  tujuh orang istri utama, mereka adalah Kalindi, Mitravinda, Satya, Jambavati atau Rohini, Susila, Satyabhama dan Laksmana. Pradyumna menikah dengan putri raja Rukmi dan memiliki seorang putra yang bernama Anuruddha. Anuruddha menikah dengan cucu raja Rukmi.

Tidak ada komentar: