Kamis, 13 November 2014

Kurma, Matsya.Garuda, Varaha, Skanda,Vamana Purana

Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini
KURMA PURANA

  • Garis Keturunan Uttanapada
Svayambhu Manu dan istrinya Satarupa memiliki putra yang bernama Uttanapada. Kakak Uttanapada adalah Priyavrata. Dhruva adalah putra Uttanapada. Dalam garis keturunan Uttanapada juga lahir Caksusa. Dia menjadi seorang Manu (Caksusa adalah anak Manu dari kalpa yang sekarang). Dalam garis keturunan Caksusa Manu terlahir Vena, dan anak Vena adalah Prthu. Prthu memerah bumi dan memperoleh butir-butir makanan sehingga manusia dapat hidup. Itulah alasannya bumi dikenal dengan nama Prthivi.

Anak Prthu adalah Sikhandi dan anak Sikhandi adalah Susila. Susila adalah seorang yang sangat religius dia dengan mempelajari veda dan mengunjungi tempat-tempat suci. Sikhandi memiliki kakak Havirdhana.  Anak Havirdhana adalah Pracinavarhi. Menikah dengan Savarna, putri lautan dan memiliki sepuluh putra. Anak-anak ini dikenal dengan nama Praceta adalah pengikut Visnu dan memuja Visnu selama beberapa tahun. Kesepuluh Praceta menikah dengan Marisa dan Daksa terlahir dari hasil perkawinan ini. Cerita tentang Marisa diceritakaa dalam Visnu Purana. Daksa inilah yaang terdahulu sebagai anak Brahma.
  • Dinasti Surya
Dewa Surya, Vivasvana adalah Kasyapa dan Aditi. Ia memiliki empat orang istri : Samjnana, Rajni, Prabha dan Chaya. Anak samjnana adalah Vaisvata Manu. Anak Rajni adalah Yama, Yamuna dan Revanta. Savarni, Sani, Tapati dan Visti adalah anak Chaya dan anak Prabha adalah Prabhata.
Vaivasvata Manu memiliki sembilan anak. Namanya adalah : Iksvaku, Nabhaga, Dhrasta, Saryati, Narisyanta, Nerga, Arista, Karusa dan Prsandhra. Manu juga memiliki putri yang bernama Ila yang menjadi asal mula dari dinasti bulan. Anak Isvaku adaalah Vikuksi yang berasal dari garis keturunan ini juga terlahir Rama, dari kisah Ramayana yang terkenal.
  • Dinasti bulan
Budha adalah putra dari dewa Bulan, Candra. Budha menikah dengan lla dan mereka mempunyai anak yang bernama Pururava. Pururava menikah dengan Apsara Urvasi dan memiliki enam orang putra, salah satu anak ini adalah Ayu. Diantara keturunan Ayu terdapat seorang yang bernama Yayati, Yayati mempunyai dua istri, yang pertama adalah Devayani, putri Sukracarya, Penasehat para raksasa. Yang kedua bernama Sarmistha dan ia adalah putri Vrsaparva, raja para Danava. Yayati dan Devayani memilki dua orang putra, Yadu dan Turvasu. Yayati dan Sarmistha memiliki tiga orang putra Druhya, Anu dan Puru. Dan keturunannya dikenal dengan nama Paurava. Yadu diberi beberapa bagian tanah menuju barat daya dan keturunannya adalah kaum Yadava. Turvasu memerintah negeri bagian tenggara, Druhya pada bagian barat dan Anu dibagian utara. Salah satu keturunan Yadu adalah raja Krtavirya dan anak dari Krtavirya terkenal sebagi Kartavirya Arjuna. Ia memiliki tangan seribu dan merupakan petarung yang sangat terampil dan tangguh. Pada akhirnya ia menemui ajalnya ditangan Parasurama. Krtavirya arjuna memiliki beberapa ratus orang putra tetapi lima yang paling terkenal adalah Sura, Surasena, Krsna, Dharesna dan Jayadhavaja. Jayadhavaja merupakan pemuja Visnu, tetapi kakaknya adalah pemuja Siva.

MATSYA PURANA

  • Candra Dan Budha
Rsi arti adalah putra Brahma. Pada suatu hari, Atri melaksanakan tapasya yang sangat berat.  Energi yang sangat kuat muncul diakibatkan oleh meditasi tersebut dan dewa bulan, Candra atau Soma terlahir dari energi tersebut.  Brahma menyuruh Candra untuk memerintah semua binatang, planet dan tumbuhan obat-obatan (Osadhi). Dua puluh tujuh putri Daksa menikah dengan Candra dan mereka disebut dengan Naksatra (binatang). Penasehat para dewa adalah rsi Brhaspati dan istrinya Brhaspati bernama Tara. Brhaspati beberapa kali telah menyuruh Candra untuk mengembalikan Tara, akan tetapi dewa bulan tidak memperdulikannya. Perang terjadi antara para dewa dan para raksasa untuk memperebutkan Tara. Para dewa mendukung Brhaspati dan para raksasa mendukung  Candra dan terjadilah perang, nama Brahma mengenengahi kejadian iu membuat Candra berniat mengembalikan Tara Akan tetapi Candra dan Tara telah memiliki seorang anak yang sangat tampan yang diberi nama Budha. Budha menikah dengan Ila dan mereka memiliki seorang putra yang bernama Pururava.
  • Pururava Dan Urvasi
Pururava adalah seorang raja yang sangat kuat, yang memerintah bumi dengan baik. Ia melaksanakan Asvamedha  yajna sebanyak seratus kali. Pada suatu hari, Pururava mengendarai kendaraannya ke hutan. Saat itu , ia bertemu dengan raksasa yang bernama Kesi yang telah menculik seorang Apsara (penari surgawi). Apsara ini tidak lain adalah Urvasi. Dibumi, Urvasi menikah dengan Pururava dan mereka memiliki delapan orang putra yaitu : Ayu, Drdhayu, Asvayu, Danayu, Dhrtamana, Vasu, Sucividya dan Shatayu.
GARUDA PURANA

  • Kisah Rama Dan Sita
Rama dan Rita diharuskan untuk pergi ke hutan selama empat belas tahun untuk memastikan bahwa Dasaratha memenuhi janjinya kepada Kaikeyi. Dasaratha adalah Ayah handa dari Rama dan Kaikeyi adalah ibu tirinya. Kaikeyi ingin memastikan bahwa putranya yaitu  Bharata bisa naik Tahta setelah Dasaratha.

VARAHA PURANA
  • Durjaya
Durjaya adalah putra dari Raja Supratika dan istrinya adalah Vidyutprabha. Durjana mendapatkan anugrah dan juga kutukan dari rsi Durvasa. Svayambhu manu memiliki dua putra yang bernama Hetri dan Suhetri kedua anak tersebut membentuk tentara dan berusaha untuk menghancurkan para dewa. Visnu kemudian merubah wujudnya dalam jumlah yang banyak dan menjumpai tentara tersebut di gunung Sumeru. Hetri memiliki seorang putri yang bernama Misrakesi.
Pada saat Durjana berkunjung ke gunung Mandar, ia bertemu dengan putri tersebut, ia jatuh cinta dan ia menikah.
SKANDA PURANA
  • Venkatacala
Salah satu dari renkarnasi Visnu adalah menjadi babi hutan, Visnu menceritakan pada bumi (Prthivi) tentang Tirtha yang bernama Venkatacala. Mendapat beberapa tempat suci yang terdapat di bukit Venkatacala maupun daerah sekitarnya. Terdapat sebuah danau yang bernama Kumaradharika Sekandi hidup disana dengan istrinya dewa Sena. Rsi Bharadvaja menceritakan pada Arjuna bahwa Visnu menam pakan dirinya pada raja Sanka yang berasal dari keturunan raja Haihaya. Dia juga memberitahukan Arjuna tentang cerita Anjana.
Anjana adalah putri dari rasaksa dan istri dari Rsi Kesari dia melakukan upacara yang banyak, tetapi tidak mempunyai anak, kemudian ia mulai melakukan meditasi yang dalam. Rsi Matanga, adalah pemuja Visnu, ia menyarankan Anjana untuk menghendaki puncak Sankata Cala dan melanjutkan meditasinya disana. Anjana melakukan ini selama ribuan tahun pada akhir tapanya, dewa angin Vayu, menampakan diri padanya. “ aku akan menjadi anakmu”, janji  Vayu. Apakah anada tahu anak itu siapa?  Tiada lain adalah Hanuman yang pemberani pengikut Rama yang setia.

VAMANA PURANA
  • Andhaka
Andhaka adalah putra Hiranyaksa. Hiranyaksa adalah saudara Hiranyaksasipu sehingga Prahlada dan Andhaka adalah saudara sepupu. Andhaka adalah keturunan siva dan Parvati dan ia juga dijadikan anak angkat oleh Hiranyaksa Visnu membunuh Hiraknyasa dalam wujudnya sebagai babi hutan (Vharaha) dan Hiranyakasipu dalam wujudnya sebagai manusia setengah singa ( Narasimbha). Setelah Andhaka menjadi raja ia melakukan tugas pertama yaitu menyenagkan Siva melalui tapasya.

Tidak ada komentar: