Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kiri disini
Kode Iklan anda yang ingin ada di sebelah kanan disini
Mendengar permohonan ini, Resi Shuka berkata, “Oh
Maharaja, sesungguhnya permainan Krishna memang seperti yang Tuanku katakan:
mengherankan, ajaib, menakjubkan, tetapi indah dan bermakna. Mukjizat itu tidak
dicemari keinginan untuk memamerkan sifat ketuhanan. Kebanyakan orang tertarik
oleh kemegahan lahiriah dan maksud-maksud yang tampak dari luar, maka orang
semacam itu menilai permainan Krishna sebagai hal yang biasa, bahkan rendah.
Makna dan tujuan spiritualnya tidak terlihat dengan mudah oleh semua orang.
Meskipun demikian, Tuhan tidak akan pernah menyibukkan diri dalam kegiatan yang
tidak berharga dan tidak bertujuan. Beliau datang untuk mengangkat dunia dari
lumpur kejahatan dan ketidakadilan, untuk memenuhi kerinduan mereka yang
berbakti kepada beliau, untuk menegakkan lagi kebenaran serta moralitas, dan
untuk menghidupkan Weda. Beliau harus memperhitungkan jasa dan pahala yang
diperoleh setiap orang dalam berbagai kehidupannya yang lampau, dan mencurahkan
rahmat beliau sesuai dengan hal itu. Beliau membuat diri Beliau hadir (di
dunia) melalui berbagai anugerah. Permainan atau kegiatan surgawi Beliau
dibentuk sedemikian rupa sehingga sesuai dengan waktu, pribadi, aspirasi, dan
belas kasihan yang menyebabkan pelimpahan rahmat tersebut. Karena itu, siapa
yang dapat memahami dengan tepat dan menafsirkan permainan mukjizat ini dengan
benar?"
"Permainan Hari (nama lain Sri Krishna, secara
harfiah berarti "Ia yang menghapuskan dosa") yang menakjubkan hanya
dimengerti oleh Hari sendiri, demikian dikatakan. Beliau hanya dapat
ditafsirkan oleh Beliau sendiri, dan bukannya oleh orang lain. Meskipun
demikian, berdasarkan pengamatan, ada satu hal yang dapat dinyatakan dengan
tegas. Para Avatar Tuhan tidak akan pernah melakukan apa pun demi
kepentingannya sendiri atau untuk memenuhi kesenangan pribadi! Segala kegiatan
dilakukan demi kebaikan dunia! Walaupun tanpa para Avatar dunia tidak mungkin
ada dan bertahan hidup, mereka bergerak dan bertindak seakan-akan tidak
mempunyai hubungan apa pun dengan dunia. Kita dapat mengamati bahwa setiap
perkataan dan perbuatan mereka dilandasi oleh ketidakterikatan belaka. Apa yang
dapat diberikan atau ditahan oleh dunia bagi mereka yang menggenggam berbagai
loka di tangan-Nya? Mereka dapat membentuknya menurut kehendak mereka."
"Orang-orang pandir orang yang tidak percaya, orang
yang mengingkari Tuhan, orang yang terperangkap dalam jerat kekaburan batin, orang
yang tidak mempelajari apa pun, mereka mungkin melihat permainan mukjizat Tuhan
sebagai mementingkan diri sendiri dan bahkan didorong oleh maya seperti
perbuatan orang biasa. Walaupun demikian, para bakta sejati akan menghargai
mukjizat Tuhan sebagai contoh karunia yang bermakna dan menguatkan keyakinan.
Bagaimana Tuhan Yang Maha besar dapat dipahami oleh mereka yang asyik dalam
keduniawian?"
"Oh Maharaja! Tuanku harus ingat bahwa perilaku
Raama, Maharaja Kosala, dan perilaku Krishna sangat berbeda. Ketika para musuh
kebajikan yang jahat dan kejam akan membinasakan orang-orang yang baik,
lahirlah Krishna dan Balaraama dua bersaudara; yang satu berkulit gelap dan
lainnya putih (seperti warna rambut, keduanya hitam dan putih). Mereka membuat
dunia heran dengan berbagai tindakannya yang melampaui pengertian
manusia."
"Permainan Krishna tidak dapat dipahami oleh siapa
pun, walaupun sangat cerdas atau bijak. Gerakan Beliau, cara berjalan,
percakapan, senyum, tawa, sikap, cara bicara, nyanyian Beliau, semuanya menawan
hati dengan keindahan artistik yang unik."
"Semua itu tampak sangat istimewa, sangat luar
biasa. Seringkali bahkan seperti tidak mengenal hukum dan sekadar kenakalan
belaka. Ketika sedan berjalan ke arah Timur, perhatian Beliau terpusat ke arah
Barat! Beliau berbicara dengan pandangan mata; sorot mata Beliau menyatakan
rencana dan niat Beliau. Beliau tidak mengindahkan pembatasan dan disiplin
buatan manusia. Beliau tidak mengenal perbedaan antara teman baru dan lama;
keduanya Belai perlakukan sama. Beliau tidak memperhatikan pertalian keluarga
atau mengikuti tuntutan adat kebiasaan."
"Ke mana pun Beliau pergi, Beliau selalu melakukan
beberapa ulah yang nakal. Seperti badai yang menyapu daratan, rumah yang Beliau
kunjungi Beliau tinggalkan dengan serangkaian kehebohan, pertengkaran, tangis,
dan air mata!"
"Tidak perlu Krishna diundang secara resmi ke rumah
mana pun; Beliau akan datang tanpa diundang, tanpa pemberitahuan. Setiap rumah
adalah milik Beliau; Krishna akan masuk dan makanan yang Beliau inginkan akan
Beliau ambil, di mana pun disembunyikan, dan Beliau makan sepuas hati."
"Krishna merupakan kerabat yang paling disayang
setiap orang, sahabat yang paling karib, maka Beliau bebas mengambil apa saja
dari rumah yang mana saja. Meskipun demikian, Beliau tidak puas dengan itu.
Beliau mengambil jauh lebih banyak dari yang Beliau perlukan, karena Beliau
juga memberikannya dalam jumlah besar kepada kawan-kawan Beliau, dan jumlah
mereka banyak sekali! Pemilik (makanan) mungkin menangisi kehilangannya dan
mencela pencurian itu, tetapi Beliau tidak peduli; Beliau membagikan makanan
itu seakan-akan milik Beliau sendiri! Tidak ada yang dapat menghalangi
permainan Beliau, tidak ada yang dapat menentang perkataan Beliau. Jika ada
yang berani menentang atau mengancam, penderitaan yang akan ditimpakan
kepadanya tidak terlukiskan!"
"Meskipun begitu, kebenaran harus diungkapkan.
Perbuatan Krishna yang paling remeh pun sarat dengan kemanisan yang tiada
taranya. Bahkan penderitaan yang ditimpakan kepada mereka yang akan Beliau
hukum pun manis. Karena itu, tiada orang yang merasa marah sedikit pun kepada
Beliau. Sebaliknya, mereka rindu ingin lebih sering bertemu dengan Beliau,
ingin bermain lebih lama dengan Beliau, dan ingin berbicara serta tinggal
bersama Beliau selama mungkin. Apa pun senda gurau dan olok-olok Krishna,
korbannya tidak pernah merasa jengkel kepada Beliau."
"Sebabnya yaitu kasih, kasih yang selalu mendasari
dan menjiwai segala perkataan dan perbuatan Beliau. Gadis-gadis penggembala
sapi berlari mengejar Krishna sambil membawa tongkat untuk memukul Beliau,
tetapi ketika mereka sampai ke dekat Beliau dan memandang Beliau, hati mereka
dipenuhi kasih, dan mereka meninggalkan Beliau sambil berdoa. Apa pun yang
Beliau lakukan, tampak sebagai permainan Tuhan (liila).
"Oh, cara bicara Beliau! Demikian menyenangkan dan
cerdik, umumnya dimaksudkan untuk memperdayakan! Di depan kawan-kawan Beliau,
Krishna memasukkan pasir ke dalam mulut Beliau sendiri, tetapi ketika ditegur
ibu Beliau, Krishna menyangkal hal itu dan menjulurkan lidah untuk
membuktikannya! Beliau membuat pernyataan yang benar menjadi keliru dan
pernyataan yang keliru menjadi benar!"
"Tiap hari Krishna pergi ke Vrishabhendrapura, desa
tempat tinggal Raadhaa. Banyak yang melihat Beliau di jalan ketika sedang pergi
dan pulang. Meskipun demikian, ketika ditegur dan dimarahi ibu Beliau,
"Mengapa tiap hari engkau pergi begitu jauh? Apa engkau tidak punya teman
bermain di sini, di desa ini?" Beliau menjawab, "Nanda sama sekali
tidak tahu jalan itu! " Beliau menimbulkan kekacauan dalam setiap rumah,
menyebabkan pertikaian antara ibu mertua dan menantu perempuan, mengadu domba
mereka, dan menikmati kejenakaannya. Beliau jarang diam di satu tempat. Dari
pagi ketika bangun dari pembaringan hingga saat Beliau tidur, bocah nakal ini
berkeluyuran dari rumah ke rumah tanpa henti."
"Meskipun demikian, penduduk desa tidak dapat
menanggung ketidakhadiran Beliau sejenak pun. Kapan saja, jika Beliau tidak
muncul, para gadis penjual susu menanti-nanti kunjungan Beliau. Mereka
mengintip ke jalan, atau naik ke teras untuk melihat di kejauhan. Sedemikianlah
daya tarik kasih suci yang dipancarkan Krishna kepada mereka dan kasih
orang-orang kepada Beliau. Senda gurau Beliau demikian mengharukan, menimbulkan
inspirasi, dan penuh makna."
"Bocah biru ini ahli berdalih dan berdiplomasi.
Beliau dapat mengetahui setiap tipu muslihat, betapapun cerdik penyamarannya.
Ketika raksasi Puutanaa mendekati Krishna sebagai ibu yang hendak menyusui
Beliau, Krishna berpura-pura terpedaya oleh siasat itu, kemudian Beliau isap
keluar nyawanya hingga iblis itu terkapar di tanah. Banyak asura 'iblis' datang
mendekati Krishna untuk membinasakan Beliau. Beberapa di antaranya menyamar
dengan mengambil wujud para penggembala sapi dan gadis-gadis penjual susu yang
sudah dikenal di desa itu, tetapi Krishna tahu siapa mereka sebenarnya dan
Beliau kirim mereka ke alam baka. Ada satu iblis yang mengambil wujud anak sapi
dan menyelinap di antara kawanan induk dan anak sapi yang digembalakan Krishna,
menunggu kesempatan untuk menghabisi Beliau! Meskipun demikian, bocah luar
biasa berusia tiga tahun ini mengetahui muslihat tersebut. Ekor anak sapi
jadi-jadian itu Beliau tangkap, diangkat, diputar sekali, kemudian Beliau
banting hingga nyawanya melayang."
"Kekuatan dan ketangkasan semacam itu sama sekali
tidak sesuai untuk wujud anak sekecil itu. Meskipun demikian, Krishna
memperlihatkan sifat ketuhanan Beliau dengan berjuta cara untuk membuat
orang-orang bertobat, untuk mengubah tabiat (buruk) mereka, dan meyakinkan mereka.
Beliau mengajar setiap orang, entah mereka sesepuh, wanita, penipu, atau sanak
kerabat dan sahabat Beliau sendiri. Mereka dinasehati agar menempuh hidup yang
baik. Beberapa di antara mereka Beliau libatkan dalam keadaan yang sulit.
Kamsa, paman Beliau dari pihak ibu, mabuk kekuasaan dan perbuatannya biadab.
Krishna menjambak rambutnya, menariknya turun dari singgasana, meninjunya
sampai mati, dan menyeret tubuhnya di sepanjang jalan raya sampai ke tepi
Sungai Yamunaa. Dalam segala tindakan Beliau, seluruh penduduk kota Mathuraa
melihat campuran menakjubkan dari hal-hal yang mengagumkan, mengherankan,
manis, mempesona, memikat, indah, dan sederhana."
"Ketika masih bayi, Beliau mengakhiri hidup para
iblis: Puutanaa, Thrnaavarta, dan Shakataasura. Pada waktu itu Beliau adalah
pencuri cilik yang mencari mentega di setiap rumah! Ketika ibu Beliau
mengikatkan Beliau pada lesung kayu, Beliau seret lesung itu, dan dengan benda
itu Beliau tumbangkan dua pohon raksasa yang tumbuh berdampingan. Beliau kekang
kesombongan dan amukan naga Kaaliya yang meracuni air Sungai Yamunaa dan
mendatangkan malapetaka bagi manusia dan ternak."
"Ketika ibu Beliau berusaha mengikat pinggang Beliau
dengan tali, Krishna memperlihatkan wujud universal Beliau; dalam wujud itu
seluruh alam semesta tampak hanya sebagai bagian dari diri Beliau."
"Orang tua Beliau dan seluruh penduduk Gokula takjub
tercengang-cengan mengalami keajaiban sifat ketuhanan Beliau. Dengan menguap
Beliau memperlihatkan jagat besar dan jagat kecil, keduanya (di dalam mulut
Beliau)!"
"Kepada kawan-kawan penggembala sapi yang Beliau
sayangi, Krishna memperlihatkan surga Beliau yang tidak mengenal kesedihan atau
kehilangan (Vaikuntha)."
"Beliau bujuk dan yakinkan Nanda agar menghentikan
puja yang biasa mereka lakukan bagi Indra dan sebagai gantinya agar
mempersembahkan puja untuk Bukit Govardhana. Ketika Indra, Dewa Hujan, sakit
hati karena diabaikan, dan mencurahkan hujan yang dahsyat di desa itu, Krishna
mengangkat Bukit Govardhana di atas jari kelingking Beliau dan memanggil
seluruh penduduk desa agar berteduh di bawahnya!"
"Dengan senda gurau jenaka dan alunan seruling yang
merdu, Krishna membuat para penggembala pria dan wanita sangat bahagia dan
terangkat secara spiritual. Jika hl ini ditafsirkan sebagai perbuatan yang
rendah dan sensual, itu merupakan tanda kebodohan."
"Ketika Krishna mencari bersama gadis-gadis dalam
terang bulan dan setiap gadis didampingi oleh Krishna yang benar-benar nyata,
orang-orang yang berpandangan rendah menafsirkannya sebagai kelemahan moral dan
rekreasi yang tidak senonoh. Kesimpulan semacam itu sama sekali tidak
beralasan. Ketika peristiwa mukjizat itu terjadi, Krishna baru berusia lima
atau enam tahun; jadi bagaimana kejadian itu dikecam sebagai nafsu kama? Tuhan
tidak mempunyai sifat atau kualitas (sattva, rajas, dan tamas). Peristiwa yang
disebut raasa kriidaa itu hanyalah cara untuk memberikan contoh bakti dan hasil
bakti, yaitu pengabdian, kepada para gopii, 'gadis penjual susu di Brindaavan'
yang layak memperoleh karunia. Tuhan melimpahi mereka dengan rahmat yang mereka
peroleh karena perbuatan mereka yang berpahala. Itu merupakan anugerah,
berkah."
"Bila pengejawantahan Tuhan yang bersifat adikodrati
itu hanya dianggap sebagai manusia biasa, maka mungkin Beliau dianggap bersifat
suka mencuri dan tidak senonoh, tetapi pertimbangkan, manusia mana yang dapat
melakukan sekelumit saja perbuatan Beliau? Krishna telah menyelamatkan dunia
dari gangguan para monster jahat seperti Pralamba, Dhenuka, Keshi, Banasura,
Arishtaa, Mushtika, Kuvalayaapiida, Kamsa, Naraka, Paundraka, Dwivida,
Jaraasandha, Dantavaktra, Shambara, Kaamboja, Kuru, Matsya, Kaikaya, dan banyak
toko (jahat) lainnya yang kuat dan berkuasa. Mampukah manusia biasa melakukan
hal ini?"
"Dalam Avatar yang unik ini, setiap perbuatan
merupakan mukjizat menakjubkan. Bahkan pada waktu marah pun Beliau hanya dapat
memperlihatkan kasih Beliau yang berlimpah. Dalam kasih, belas kasihan Beliau
mengalir tanpa rintangan. Dengan darshan 'melihat', sparshana 'menyentuh', dan
sambhaashana 'mendengarkan Beliau' seseorang dapat memperoleh kebebasan (dari
lingkaran kelahiran dan kematian). Beliau menganugerahkan keabadian kepada
mereka yang mengingat nama Beliau. Para penggembala sapi mengenyam nektar
kebahagiaan yang mendalam bila mereka menyaksikan atau mengenang perbuatan
Beliau yang hidup dan giat di antara mereka."
Resi Shuka memejamkan mata lagi, Beliau masuk dalam
samaadhi 'tingkat meditasi yang mendalam' menghayati kemanisan inkarnasi
Krishna dan senyum yang indah tersungging di bibirnya. Pariikshith heran
melihat gelombang sukacita yang melanda resi agung itu bilamana beliau
merenungkan karir keavataraan Sri Krishna. Ia pun sudah tidak sabar karena
ingin sekali mendengarkan berbagai kejadian dan kegiatan Avatar yang menawan
hati ini.
Ketika
Resi Shuka melanjutkan penuturannya, Pariikshith pun tidak menyadari
sekelilingnya lagi. Ia sangat tercengang sehingga tidak dapat percaya bahwa
beberapa peristiwa (yang dikisahkan Resi Shuka) itu benar-benar pernah terjadi.
Ini membuatnya sangat sedih dan menderita memikirkan ketidaktetapan
(pikirannya) sendiri. Maka ia mengemukakan masalahnya kepada sang resi dan
memperoleh ketenteraman batin lagi setelah mendengarkan penjelasan dan uraian
beliau. Sementara hal itu berlangsung, pada suatu saat Pariiskhith sangat
meragukan bakti para gopii. Ia berdebat (dengan dirinya sendiri) di dalam hati
dan dengan pengertian serta keyakinannya berusaha mencari kepastian-kepastian
untuk memperbaiki (atau melenyapkan) keraguannya, namun keraguan itu tidak
lenyap. Ia juga tidak berani menanyakannya kepada Resi Shuka karena khawatir
hal ini dianggap terlalu kekanak-kanakan. Karena itu, ia menderita batin dan
berusaha menutup penderitaan itu. Hal ini diketahui Resi Shuka, maka sambil
tersenyum beliau bertanya kepada raja, "Kelihatan sekali bahwa ada gagasan
gila yang mengusutkan pikiran Tuanku. Dalam krisis ini tidak baiklah bila
Tuanku menderita tekanan emosi. Jika ada keraguan yang memenuhi diri Tuan, atau
bila kehausan untuk mengetahui sesuatu membuat Tuan resah, jangan segan-segan
menanyakannya kepada saya, saya akan menuntaskan keraguan itu, saya akan
memuaskan dahaga itu, dan memastikan sukacita serta kepuasan batin."
Ketika sang resi membesarkan hatinya seperti itu, Raja berkata, "Resi Yang
Agung! Maharesi mengetahui masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang.
Maharesi memiliki kewaskitaan dan kemampuan untuk melenyapkan keraguan yang
mengganggu saya. Karena itu, mohon Guru jangan salah paham; tolong dengarkan
saya dan tuntaskan keraguan itu. Sembuhkan kesedihan yang saya derita sebagai
akibatnya. Pulihkan kedamaian batin yang saya miliki sebelum munculnya keraguan
itu." Raja bersujud di kaki sang resi dan melanjutkan, "Maharesi,
saya sudah banyak mendengar tentang permainan dan senda gurau Krishna, tentang
raasakriidaa 'tarian rasa' antara Krishna dengan para gadis penggembala sapi di
Brindaavan. Hal itu tampak seperti rekreasi sensual yang dilakukan orang biasa.
Bila peristiwa semacam itu memang benar pernah terjadi, bagaimana hal itu dapat
ditafsirkan sebagai bersifat ketuhanan? Tidakkah hal itu dikecam oleh dunia?
Saya takut kejadian di Bridaavan, di tepi sungai Yamunaa, tempat permainan
sensual yang tidak senonoh itu berlangsung, mencemarkan sifat suci Sri Krishna.
Dikatakan bahwa kebebasan akhir atau moksa hanya dapat dicapai oleh mereka yang
telah melampaui guna 'sifat sattva, rajas, dan tamas'. Para gopii ini semuanya
memiliki kualitas (sattva, rajas dan tamas) dan berbagai keinginan yang timbul
sebagai akibat sifat-sifat tersebut umumnya bersifat sensual dan objektif. Bila
dikatakan bahwa para gopii pun mencapai moksa, hal ini menimbulkan rasa heran;
sesungguhnya bahkan tampak menggelikan! Meskipun demikian, jika kegiatan tidak
bermoral ini mengandung makna batiniah yang membuatnya diterima sebagai perbuatan
terpuji, mohon jelaskan kepada saya."
Mendengar
permohonan Pariikshit ini Resi Shuka tertawa terbahak-bahak. Kata beliau,
"Oh Maharaja! Jangan mengira bahwa Tuanku menderita keraguan; jauh lebih
buruk dari itu! Karena mereka yang telah menyadari Krishna sebagai penjelmaan
Tuhan, tidak akan memiliki keraguan semacam itu! Masa ini merupakan periode
akhir Dwaapara Yuga; zaman Kali segera dimulai. Semangat Kalilah, semangat yang
menjiwai zaman kejahatan, telah merasuki diri Tuanku; itulah yang telah mendorong
Tuanku menaruh gagasan semacam itu dalam pikiran Tuan. Kalau tidak, Tuan
mempunyai keyakinan yang tidak tergoyahkan bahwa Krishna adalah (Avatar) Tuhan
Yang Mahakuasa dan Maha tinggi. Setiap kejadian dalam karir Beliau bersinar
dalam hati Tuan dengan kecemerlangan yang suci. Pada saat mengenang nama
Beliau, Tuan dilanda sukacita dan pikiran Tuan luluh dalam Beliau. Karena itu,
keraguan ini seharusnya tidak dapat timbul dalam diri orang semacam Tuanku!
Tuan mencemari kepribadian Tuan dengannya. Lagi pula, pertimbangan, orang macam
apakah saya ini. Tuan tahu, dalam hati saya tiada tempat untuk kegiatan yang
timbul dari guna atau dorongan yang timbul dari kualitas tersebut. Pikirkan
saja bagaimana orang seperti saya dipenuhi sukacita yang tidak terhingga bila
merenungkan permainan mukjizat Sri Krishna dengan para gopii! Perhatikan,
betapa saya memuji kemujuran para gopii yang memperoleh persahabatan Beliau
yang demikian berharga. Mungkinkah kejadian itu hanya permainan sensual belaka?
Ataukah benar-benar sukacita murni yang timbul dari kebahagiaan suci; kemabukan
kepada Tuhan? Pikirkan sejenak. Bagi pandangan yang tidak terlatih, kegembiraan
sensual dan kebahagiaan yang suci dalam penampilan lahiriahnya mungkin tampak
sama. Meskipun demikian, bila indra telah dilampaui, bila yang bersifat
individual dan universal telah menunggal dalam satu pikiran dan kesadaran, bila
semua kesadaran badan telah ditiadakan, ditafsirkannya hal ini sebagai kegiatan
yang objektif dan bersifat sensual sebenarnya merupakan kebodohan belaka."
"Sebilah
pisau di tangan pembunuh sangat berbahaya; pisau di tangan ahli bedah menolong
memberikan kebebasan dari rasa sakit, walaupun dalam kedua kasus itu ada tangan
yang memegang pisau. Demikian pula perbuatan mereka yang kesadaran dirinya
terpusat pada badan jasmani patut dicela; sedangkan perbuatan mereka yang
kesadaran dirinya terpusat pada atma atau kenyataan batin sangatlah bermanfaat
dan patut dipuji."
"Selanjutnya
tentang misteri Avatar Krishna! Pengejawantahan kemanisan itu sangat menawan!
Daya pesona yang halus dan hebat sekali, kemanisan yang tiada bandingnya, kasih
yang tiada taranya; Krishna merupakan perwujudan semua ini! Wujud itu merupakan
perbendaharaan kebahagiaan; merupakan samudra kebajikan."
"Oh,
alangkah lugunya! Alangkah sempurna dan bersifat adikodrati! Sekadar melihat
Beliau sudah cukup; mendengarkan perkataan Beliau sudah cukup; sekadar
menyentuh Beliau sudah cukup; hidup seseorang akan mencapai tujuannya! Segala
ritual, segala pengurbanan, segala upacara yang berkaitan dengan kitab suci,
hanya mempunyai tujuan ini, penglihatan ini, sentuhan ini. Hasil yang diperoleh
dari upacara dan sebagainya, tidaklah berarti bila dibandingkan dengan manfaat
yang didapat dari melihat, menyentuh, dan mendengarkan suara Beliau. Tidak. Hal
itu sama sekali tidak berarti. Ah! Beliau manis luar biasa! "Ketika
merenungkan wujud Sri Krishna, mengenang pesona dan keelokan Beliau, Resi Shuka
mengucurkan air mata sukacita. Beliau demikan penuh kebahagiaan batin sehingga
menghentikan penuturannya dan tidal lagi menyadari dirinya atau pun para
pendengarnya.
Para
pertapa di sekeliling beliau dan raja sendiri merasa sangat takjub menyaksikan
pemandangan yang langka ketika Resi Shuka masuk dalam keadaan samaadhi. Mereka
duduk mematung, takut mengganggu sang resi, dan tenggelam dalam rasa heran,
kagum, dan riang.
Setelah
beberapa waktu, Resi Shuka membuka matanya dan berseru, "Alangkah mujurnya
para gopa dan gopii 'pria dan wanita penggembala sapi di Bridaavana' yang hidup
pada masa itu! Pastilah tubuh mereka bercahaya dengan sukacita suci yang mereka
alami ketika mereka hidup dalam kehadiran Beliau, bermain dengan Beliau,
berbicara dengan Beliau, bernyanyi bersama Beliau, dan berbagi kebahagiaan
tertinggi dengan Beliau! Para dewata merasa iri atas kemujuran mereka karena
kesempatan itu tidak dapat mereka peroleh. Orang-orang sederhana yang tidak
terpelajar itu dapat memperoleh kemujuran tersebut karena pahala yang mereka
peroleh dalam banyak kehidupan sebelumnya. Para gopa dan gopii itu bukanlah
pria dan wanita biasa. Bukan. Dilihat sepintas lalu mereka tampak seperti orang
desa yang sederhana dan tidak terpelajar, itu saja. Sebenarnya di dalam diri
mereka terdapat harta kebijaksanaan tidak terhingga yang diperoleh langsung
dari Tuhan, dan hanya sedikit sekali yang dapat menghargai serta memahaminya.
Jika tidak, bagaimana mereka dapat memperoleh kebahagiaan sentuhan Tuhan yang
tidak bisa didapat dengan mudah walaupun oleh Rukmini dan Satyabhaamaa! Para
gopa dan gopii dapat dianggap lebih beruntung daripada para ratu tersebut.
Nasib baik mereka merupakan hasil dari berbagai perbuatan baik yang mereka
lakukan bukanlah dalam satu kehidupan, melainkan tidak kehidupan
sebelumnya."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar